Musik Klasik Untuk Bayi agar anak cerdas tumbuh optimal,
terampil, sehat dan jadi lebih cerdas

Sabtu, 10 November 2012


Cara Mendidik Anak yang Cengeng - Anak-anak juga mempunyai perasaan marah, malu atau sedih, tidak perlu heran karena hal itu adalah bagian dari emosi yang normal pada masa kanak-kanak. Supaya anak tidak tumbuh menjadi orang yang kasar, manja, atau cengeng Anda sebagai orang tua, wajib mengetahui cara meredakan emosi anak yang meluap-luap. Dan biasanya Anak yang terlalu sensitif akan merespons rasa sedih, marah, kecewa dan malu dengan menangis.

Berikut 4 langkah yang dapat diterapkan sebagai Cara mendidik anak yang cengeng :

1. Jangan pernah menganggap bahwa tangisan anak adalah sebagai suatu kesalahan
Hadapilah anak anda dengan tenang jika si kecil menangis. Ingat jika anak menangis bukanlah suatu kesalahan besar, hal ini perlu diketahui bahwa ada beberapa anak yang lebih sensitif kadang mengekspresikan perasaannya tersebut dengan menangis.

Memang anda sebagai orang tua pasti merasa malu jika anaknya tiba-tiba menangis sambil berteriak sampai-sampai menjadi perhatian banyak orang. Namun anda jangan pernah memarahi anak dan memaksanya untuk diam.


Langkah yang baik adalah dengan menenagkan diri anak dengan mengajaknya ke tempat yang lebih aman. Kemudian tanyakanlah kepada anak penyebab mengapa dirinya menangis. Hindarilah dengan mengucapkan kata-kata kasar seperti berpura-pura mengancam akan meninggalkannya di tempat tersebut jika tidak berhenti menangis.


2. Buatlah anak agar merasa aman
Rasa takut yang berlebihan akan ditunjukkan oleh anak yang terlalu sensitif, hal yang sebaiknya anda lakukan adalah dengan memberikannya ruang serta waktu pada buah hati anda supaya merasa terbiasa dengan kegiatan-kegiatan yang baru yang mungkin membuatnya cemas atau ketakutan.

Kemampuan anak dalam mengenali kekuatannya sendiri dalam berperang melawan rasa takut dibutuhkan dukungan dari orang tua hal ini agar anak tumbuh dapat lebih percaya diri. Langkahnya adalah dengan menghindari menakut-nakuti anak terhadap suatu hal yang menyeramkan seperti ada monster yang akan muncul pada tengah malam jika anak tidak segera tidur. Mungkin saja mempunyai tujuan yang baik, yaitu mencoba mendisiplinkan anak agar tidur pada waktu yang sama setiap harinya, tetapi cara yang Anda gunakan adalah salah.

3. Mencari strategi khusus untuk mengatasi kemarahan anak
Sebetulnya meredakan kemarahan anak bukanlah perkara yang sulit, kita tinggal memberikan apa yang diinginkan anak, beres, Nsmun hal tersebut akan menjadikan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang manja jika semua keinginannya selalu terpenuhi dengan mudah.

Disarankan untuk mencoba mencari strategi terapi untuk mengendalikan emosi anak, misalkan dengan permainan berhitung atau melempar bola. Dengan cara ini diharapkan dengan cara ini bisa melatih tingkat kesabaran buah hati anda sehingga anak lebih mudah dalam mengendalikan kemarahannya dan tidak mudah menangis.

4. Memintalah bantuan psikolog anak
Jika cara-cara tersebut diatas tidak berhasil malah membuat anak sering sekali marah, merasa cemas atau depresi yang melebihi tingkat sensitivitas alaminya, atau jika anak terus menerus mengembangkan sikap mudah marah, maka jangan mengabaikan permasalah ini. Karena hal ini bisa merupakan tanda-tanda masalah serius pada kondisi psikologi anak. ada baiknya Anda perlu menemui psikolog anak atau dokter yang ahli di bidang kesehatan mental untuk meminta batuan.

Demikian tips singkat ini semoga dapat bermanfaat mengenai Cara Mendidik Anak yang Cengeng.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Diberdayakan oleh Blogger.